Pembuahan Ganda pada Angiospermae

Double Fertilization of Angiospermae

Setelah terjadi penyerbukan, atau menempelnya serbuk sari pada kepala putik, serbuk sari akan membesar karena mengabsorbsi cairan pada permukaan kepala putik yang lembab. Dengan absorbsi cairan yang mengandung gula dan zat-zat lain tersebut, serbuk sari akan berkecambah. Perkecambahan ini ditunjukkan dengan munculnya buluh serbuk sari.
Buluh serbuk sari tersebut akan memanjang dan mencari jalan melalui jaringan-jaringan pada kepala putik dan tangkai putik. Buluh serbuk sari tumbuh terus melalui tangkai putik. Setelah sampai pada puncak bakal buah, buluh serbuk sari mungkin masuk ovulum melalui mikropil atau melalui jalan lain. Jika buluh serbuk sari yang masuk ke dalam ovulum melalui mikropil disebut porogami. Jika buluh serbuk sari masuk ke dalam ovulum melalui kalaza disebut kalazogami. Jika buluh serbuk sari masuk ke dalam ovulum melalui funikulus disebut mesogami.
Setelah melewati dinding kantung embrio, buluh serbuk sari masuk ke dalam kantung embrio dan biasanya akan menghancurkan salah satu sinergid. Setelah serbuk sari membebaskan isinya ke dalam kantung embrio, satu gamet jantan bersatu dengan inti telur (singami) dan yang lain bersatu dengan dua inti kutub (fusi triple). 
·         Sumber: Reproduksi Generatif Tumbuhan Angiospermae oleh Budiwati.

1 komentar:

Agnes Febyrian mengatakan...

tes

Poskan Komentar